Sejarah Pencak Silat

Pencak silat adalah seni bela diri asli Indonesia. Seni Bela diri pencak silat sudah berumur ratusan tahun. Pencak silat diwariskan secara turun temurun dari satu generasi ke kenerasi yang berikutnya. Pada zaman dahulu, ketika manusia masih hidup dari berburu. Mereka saling hidup berkelompok dan saling bermusuhan. Untuk mempertahankan hidupnya, mereka belajar membela diri dengan menirukan gerakan-gerakan binatang buruan. Seiring dengan berkembangnya peradaban. Seni bela diri juga berkembang ke arah yang lebih sempurna yang dinamakan pencak atau silat.

Pencak silat adalah seni bela diri asli Indonesia Sejarah Pencak Silat


Dahulu tidak semua daerah di indonesia menggunakan istilah pencak silat. Di daerah jawa pada umumnya hanya menggunakan kata pencak. sedangkan di daerah Sumatra dan daerah lainnya menggunakan istilah silat. Kata pencak dapat diartikan yaitu suatu gerakan bela diri yang terikat  pada peraturan dan digunakan belajar, latihan dan pertunjukan. Sedangkan silat, diartikan sebagai gerak bela diri yang sempurna yang bersumber dari krohanian yang suci murni guna keselamatan diri atau kesejahteraan bersama. Menghindarkan diri dari balak atau bencana.

Unsur-unsur pencak silat ada 4 yaitu; 1. Unsur olahraga, 2. Unsur kesenian, 3. Unsur bela diri, 4. Unsur kerohanian (Bebatinan). Pencak silat adalah hasil budaya masyarakat Indonesia untuk membela dan mempertahankan eksistensi dan integritasnya terhadap lingkungan hidup dan alam sekitarnya untuk mencapaoi keselarasan hidup guna meningkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Pencak Silat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel