Pengertian Olahraga Anggar

Anggar adalah olahraga ketangkasan yang menonjolkan seni kemampuan seperti memotong, menusuk, dan menangkis senjata lawan dengan menggunakan ketrampilan dan kelincahan tangan. Meski menggunakan senjata semacam stik panjang terbuat dari besi lentur dengan pegangan tangan didesain seperti pedang. Namun olahraga anggar dirancang aman karena menggunakan pelindung wajah, kepala,  dan badan.

Kata “Anggar” ditinjau dari arti bahasa (Etimologi) berasal dari bahasa Perancis “En garde” yang artinya “Bersiap”. Yang maksudnya adalah siap sebelum permainan dimulai. Tapi di perancis sendiri olahraga anggar mereka menyebutnya “Escrime”. Walaupun kata “en garde” mempunyai arti siap, namun orang Perancis jika diajak bermain “en garde”, mereka sudah paham jika yang dimaksud adalah permainan anggar.

Jika ditelusuri menurut sejarah, Olahraga anggar berasal dari kemampuan seseorang dalam memainkan pedang pada jaman dahulu yang tujuannya adalah untuk mempertahankan diri. Jika ketrampilan memainkan pedang dahulu adalah  untuk berperang, lama-lama permainan pedang itu diubah menjadi olahraga yang dapat dipertandingkan dengan aman tanpa ada salah satu peserta yang terluka. Maka dibuatlah olahraga anggar yang dirancang mahir dalam menggunakan senjata pedang, namun aman bagi pesertanya.

Anggar merupakan salah satu dari sedikit olahraga yang mengakui profesionalisme sebelum tahun 1980an. Bahkan pada peraturan - peraturan awal Olimpiade yang ditulis oleh Baron Pierre de Coubertin (presiden kedua dari International Olympic Committee), dengan jelas menyatakan bahwa pemain anggar profesional yang disebut dengan Masters diperbolehkan untuk ikut bertanding.

Anggar adalah olahraga ketangkasan yang menonjolkan seni kemampuan seperti memotong Pengertian Olahraga AnggarAnggar dipertandingkan pada ajang Olimpiade untuk pertama kalinya pada tahun 1896. Sekarang olahraga anggar selalu dipertandingkan dalam setiap ajang pesta olahraga dunia (Olimpiade) dan pesta-pesta olahraga lain seperti Asean games, Sea Games, dan PON (Pekan Olahraga Nasional) Indonesia.


Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Olahraga Anggar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel