Pengaruh Gizi Dan Kesehatan Terhadap Pertumbuhan Fisik Dan Mental

Kekurangan gizi yang terjadi pada masa kanak-kanak, selain akan menyebabkan gangguan pada pertumbuhan jasmani, juga akan menyebabkan gangguan perkembangan mental. Seseorang yang menderita kekurangan gizi pada masa kanak-kanak, setelah mencapai dewasa tumbuhnya tidak akan mencapai tinggi yang seharusnya di capai. Selain itu jaringan-jaringan ototnya kurang berkembang. Disamping menyangkut pertumbuhan fisik, tingkat kecerdasan anak juga akan terpengaruh.

Pengaruh Gizi Terhadap Daya Kerja Tubuh

Orang yang sehat memiliki tubuh yang dapat berfungsi dengan baik dan dalam jaringan tubuhnya terdapat cadangan zat-zat gizi yang cukup untuk mempertahankan kesehatannya. Cadangan zat-zat gizi akan dipergunakan apabila kebutuhan zat-zat gizi berlebihan. Maka kelebihan tersebut akan ditimbun dalam jaringan-jaringan tubuh dalam batas tertentu.  Apabila jaringan-jaringan tubuh telah jenuh, zat-zat gizi tersebut tidak dapat ditampung dan akan mengganggu proses kerja system tubuh.
Dengan demikian kekurangan dan kelebihan zat gizi akan dapat menyebabkan kelainan. Keadaan semacam ini disebut kelainan gizi, baik berupa kekurangan gizi maupun kelebihannya. Keseimbangan gizi terletak  diantara keduanya.

Meskipun pada tahap ini orang tidak merasa bahwa dirinya sakit, akan tetapi hal itu berpengaruh terhadap kemampuan atau daya kerja seseorang, antara lain orang menjadi kurang bergairah, cepat lelah, mengantuk, dan sering sakit.

Pengaruh Gizi Terhadap Daya Tahan Tubuh

Kelainan gizi yang berat sering berakibat timbulnya penyakit infeksi, penyakit infeksi akan mudah menyerang apabila dalam keadaan kekurangan gizi. Keadaan itu dapat dijelaskan sebagaiberikut:
1.       Pada waktu sakit tubuh memerlukan zat gizi dalam jumlah yang lebih banyak daripada biasanya.
2.       Sedangkan pada waktu sakit anak kurang nafsu makannya
Untuk memenuhi kebutuhan zat gizi yang meningkat ini makan cadangan yang ada dalam tubuh akan di pakai.


Apabila keadaan ini berlangsung terus-menerus, cadangan zat gizi dalam jaringan akan habis dipakai, terlebih kalau timbunan cadangan itu hanya sedikit. Keadaan yang demikian dapat mengurangi pembentukan antibody atau system kekebalan tubuh terhadap penyakit, sehingga dapat menyebabkan seseorang tubunya menjadi lemah dan mudah sakit.

Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Pengaruh Gizi Dan Kesehatan Terhadap Pertumbuhan Fisik Dan Mental"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel