Teknik Dasar Lempar Lembing

1. Teknik dasar memegang lembing

Kemampuan pertama yang harus dimiliki oleh atlet lempar lembing adalah cara memegang lembing yang benar. Karena nantinya akan menjadi dasar untuk mengembangkan kemampuan melempar yang bagus. Dalam dunia lempar lembing, ada 3 cara memegang lembing yang paling terkenal, yaitu Pegangan Finlandia, Pegangan Model Amerika, dan Pegangan biasa. Ketiga model pegangan terebut mempunyai ciri khas sendiri-sendiri.

Pada dasarnya cara memegang lembing adalah sebagai berikut:

  • Lembing diletakkan di telapak  tangan yang ujungnya hampir merupakan garis lurus dengan lengan yang dipakai memegang lembing.
  • Kemudian ibu jari dan telunjuk/jari tengah bersatu pada akhir lilitan tali dengan erat. 
  • Sedangkan jari-jari yang lain lemas berada pada lilitan tali

2. Teknik Dasar melempar lembing

Bila melempar dengan tangan kanan, maka kaki kiri diletakkan di depan dan kaki kanan di belakang. Tangan yang memegang lembing diluruskan ke belakang. Kaki yang kanan berada di belakang dan dibengkokkan, begitu pula badannya juga ikut condong ke belakang.

Untuk melempar lembing tanpa awalan . Pada saat akan melempar lembing, putarlah lengan bersamaan dengan memutar panggul, kaki belakang ke depan. Lembing dilempar melewati atas kepala.
Sedangkan untuk lempar lembing dengan awalan, lembing harus dibawa di atas kepala sambil berlari, serta ujungnya agak ke bawah depan dan usahakan pegangannya jangan sampai berubah. Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya ujung lembing jangan banyak bergerak saat membawa lari lembing. Setelah tiba saatnya melempar, lemparlah lembing seperti saat melempar di tempat.

3. Latihan Melempar Lembing

  • Pelajarilah gerakan lengan terakhir dengan menghunjamkan lembing ke tanah dari sikap berdiri. Mulailah dari lembing berada di atas bahu kanan dan lemparlah lembing 5 -7 meter. Lemparlah dengan hati-hati agar lembing dapat mengunjam tanah.
  • Pelajarilah gerakan melempar mulai dari gerakan satu langkah. Berdirilah dengan kaki rapat, kemudian melangkah ke depan dengan kaki kiri, putarlah bahu ke kanan untuk menarik lembing. Dan lemparlah lembing dengan melewati atas bahu kanan.
  • Latihan  gerakan melempar  dan membuat dua langkah berdiri dengan lembing di belakang, melangkah ke depan dengan kaki kanan, kemudin gerakkan kaki kiri dengan cepat membentuk langkah melempar yang panjang dengan kecondongan badan ke belakang. Lemparkan lembing melewati atas bahu. Kaki kiri untuk bertahan.
  • Berlatih mengkoordinasikan lima langkah terakhir dan lemparan. Mula-mula dari gerakan berjalan pelan, kemudian ditingkatkan dengan berlari kecil, kemudian berlari kencang dan siap melemparkan lembing.  

Lemparan yang baik adalah lemparan yang ujung lembingnya menancap di tanah.

HAL-HAL YANG HARUS DIHINDARI DALAM LEMPAR LEMBING

1. Memegang lembing dengan tangan terlalu tegang
2. Melompat pada saat langkah terakhir saat melakukan lari awalan
3. Melakukan dua langkah silang
4. Memaksa bahu selalu menghadap ke depan
5. Pembengkokan pada pinggang dan memberi kesempatan tubuh bengkok ke depan
6. Pembengkokan lengan pelempar dan menempatkan lembing diluar garis lempar
7. Menempatkan kaki depan di tanah terlalu ke kiri
8. Melempar melingkari sisi kanan dari tubuh

HAL-HAL YANG HARUS DIUTAMAKAN

1. Peganglah lembing memanjang sejajar dengan arah tangan
2. Saat melakukan lari awalan, lebarkan langkah terakhir
3. Berlari lurus pada saat melakukan awalan
4. Selalu meletakkan berat badan pada kaki belakang


Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Teknik Dasar Lempar Lembing"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel