Masa Inkubasi HIV/AIDS

Masa inkubasi adalah jangka waktu setelah terjadinya penularan sampai dengan timbulnya gejala penyakit. Penyakit AIDS mempunyai masa inkubasi yaitu masa tumbuhnya tunas HIV sampai berkembang menjadi AIDS.
Masa inkubasi adalah jangka waktu setelah terjadinya penularan sampai dengan timbulnya gej Masa Inkubasi HIV/AIDS

Setelah HIV masuk dalam tubuh seseorang, maka terjadilah masa inkubasi, ketika dalam masa inkubasi sampai menjadi AIDS jumlah sel CD4 berlahan-lahan akan berkurang sampai setengahnya. ini berarti tubuh sudah kehilangan sampai setengahnya dari kekebalan tubuh. Dalam masa itu kekebalan tubuh masih berfungsi sekitar 9 - 10 tahun.
Masa inkubasi HIV (Human Immunodeficiency Virus) membutuhkan waktu yang lama. HIV menular melalui cairan tubuh, seperti air mani, ASI, maupun transfusi darah.

Namun setelah 9 - 10 tahun terinfeksi HIV jumlah sel CD4 dalam tubuh akan sangat berkurang sehingga sistem kekebalan tubuh sudah tidak berfungsi lagi. pada saat itu orang yang terinfeksi HIV sudah menjadi penderita AIDS. Jadi jika seseorang telah menderita AIDS, berarti dia sudah terjangkit HIV selama 1 - 9 tahun atau lebih. Pada anak bayi yang terkena HIV sejak lahir karena tertular orang tuanya, masa inkubasinya menjadi lebih pendek yaitu sekitar 1 tahun. Ini menjadikan sesuatu yang sangat menyedihkan. Dimana biasanya seseorang tertular penyakit AIDS karena perilakunya yang menyimpang. Namun hal ini terjadi pada anak yang belum mengerti apa-apa.



Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Masa Inkubasi HIV/AIDS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel