Latihan Teknik Dasar Lari Gawang

Lari gawang adalah lari cepat menempuh jarak tertentu  dengan melompati gawang-gawang yang tingginya sudah diatur dalam peraturan perlombaan.

Lari gawang baik lari gawang yang menempuh jarak 110 meter, 200 meter, 400 meter untuk putra, atau 100 meter untuk putri harus dilakukan seperti gerak lari cepat. Pada saat melompati gawang gerakan harus dilakukan secara beruntun, lancar, rileks, dan dengan koordinasi gerakan tubuh yang baik. Pada saat berlari usahakan tidak terlalu lama melayang , sehingga kecepatan lari dapat tetap terjaga. Usahakan ketika berada diatas gawang, keseimbangan tetap terjaga.

Untuk melakukan latihan lari gawang yang dapat yang berhasil, seorang atlet  harus mengetahui teknik dasar melakukan lari gawang. Berikut teknik-teknik dasar lari gawang:

Lari gawang adalah lari cepat menempuh jarak tertentu  Latihan Teknik Dasar Lari Gawang


a. Dimulai dari start gawang pertama

Start yang digunakan dalam lari gawang adalah start jongkok. Fakto-faktor yang harus diperhatikan pertama adalah gerakan yang dilakukan dari start gawang pertama. Pada waktu akan melewati gawang, hal-hal yang harus diperhatikan adalah:

  1. Pada wakto bertolak, pinggang diangkat tinggi dan cukup jauh dari ujung gawang yang dilewati. Gunanya adalah agar memperoleh lompatan yang tidak terlalu tinggi di atas gawang. Lompatan yang terlalu tinggi dapat menyita waktu sehingga mengurangi kecepatan lari.
  2. Lutut kaki yang di depan diangkat tinggi, hingga membentuk sudut kurang lebih 90 – 95 derajat. Sedang lutut kaki belakang lurus dengan tumit diangkat tinggi. Bersamaan dengan menolakkan kaki belakang. Lutut kaki depan diluruskan ke depan dengan gerakan menendang tumit untuk melewati gawang dengan kaki lurus seperti menendang pada olahraga beladiri.

b. Sikap badan di atas gawang

  1. Gerak tubuh pada waktu di atas gawang harus diusahakan serendah mungkin dengan badan agak dicondongkan ke depan dan lutut agak dibengkokkan.
  2. Kaki yang digunakan untuk bertolak ditarik ke depan dengan jalan memutar ke samping, keadaan kaki ini harus diangkat tinggi dengan tujuan untuk member kebebasan menjangkau ke depan membuat langkah yang panjang.
  3. Setelah kaki depan melewati gawang, segera turunkan ke tanah dalam keadaan lurus.
  4. Lengan harus membantu keseimbangan  di atas gawang, sehingga dapat membantu posisi gerak dorong ke depan.
  5. Pada saat di atas gawang, badan dicondong kan ke depan untuk menjaga gerakan

c. Sikap badan pada dan gerakan kaki pada saat mendarat kaki dalam lurus 

  1. Pada saat menat darat keadaah lurus
  2. Kaki belakan dalam keadaan ditekuk jangan tetapi. Tetapkan terangkat tinggi supaya bisa bergerak bebas menjangkau ke depan dengan usaha membuat langkah yang panjang
  3. Badan dicondongkan kedepan untuk membantu membawa berat badan. Sehingga kaki yang atas mudah ber gerak pada langkah kedepan.

d. Langkah di antara gawang

Jumlah langkah diantara gawang berbeda-beda, tergantung pada jarak perlombaan. Tinggi gawang, tinggi badan, dan panjang tungkai kaki, serta kemampuan kecepatan lari yang dimiliki pelari. Namun pada umumnya para pelari gawang berusaha untuk dapat membuat langkah mulai dari start ke gawang pertama antara 7 – 9 langkah untuk lari gawang 100 meter dan 110 meter dan tiga langkah untuk mencapai gawang yang selanjutnya.

e. Dari gawang terakhir sampai garis finish

Setelah pelari melompati gawang terakhir yang harus dilakukan adalah:

  1. Condongkan badan ke depan
  2. Berlari secepat-cepatnya sampai melewati garis finish dengan membusungkan dada ke depan.

Itulah beberapa teknik dasar lari gawang yang dapat dipelajari untuk melakukan latihan lari gawang. Lari gawang termasuk lari jarak pendek karena yang ditempuh berkisar antara 100 sampai 400 meter.


Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Latihan Teknik Dasar Lari Gawang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel