Aktivitas Penjelajahan

Penjelajahan adalah perjalanan kaki  yang diikuti oleh petualangan dan permainan.  Olahraga penjelajahan bertujuan untuk gerak badan dan rekreasi. Penjelajahan dapat dilakukan di kawasan pedesaan, di pegunungan atau di hutan. Aktivitas penjelajahan banyak sekali manfaatnya. Yang pertama adalah untuk berolahraga, kedua rekreasi, dan ketiga untuk pengenalan lingkungan dan masyarakat untuk menambah wawaan tentang cinta kepada alam.

yang diikuti oleh petualangan dan permainan Aktivitas Penjelajahan

Adapun bentuk-bentuk penjelajahan adalah sebagai berikut:

a. Penjelajahan masyarakat

kegiatan ini bertujuan untuk melakukan olahraga perjalanan kaki sambil mengenal masyarakat di perjalanan , perjalanan yang di tempuh adalah 6- 8 kilometer. Jika peserta penjelajahan anak usia 16 -20 km

b. Penjelajahan pengembaraan

penjelajahan pengembaraan  dilakukan menurut arah yang sudah ditentukan sepanjang 10 km dari tempat memulai perjalanan. Perjalanan dapatdilakukan sendirian, dua orang, atau tiga orang. Lama perjalanan 24 jam dengan membawa gubug atau tenda untuk penginapan.

Sedangkan untuk anak usia 17 – 20 tahun dapat melakukan penjelajahan pengembaraan sejauh 15 km yang dapat ditempuh selama-lamanya 36 jam. Perjalanan dapat dilakukan sendiri, berdua atau bertiga dengan berjalan kaki. Penjelajahan pengembaraan dapat dilakukan di daerah perbukitan, pedesaan, atau hutan yang tidak membahayakan bagi pelaku penjelajahan.

c. Penjelajahan Mempertahankan Hidup

Kegiatan ini biasanya disebut juga dengan Survival Hike, yaitu suatu latihan yang sengaja dibuat berat dengan tujuan untuk melatih peserta agar mempunyai daya tahan , kemampuan mental dan fisik, disiplin, percaya diri, tahan menghadapi penderitaan, ulet bekerja keras, dan mempunyai jasmani dan rohani yang tangguh.

Untuk keberhasilan dalam melakukan penjelajahan, seseorang harus membawa bekal yang memadai. Perlengkapan dasar yang harus dipersiapkan untuk bekal penjelajahan adalah: 1) sepatu gunung, 2) ransel, 3) pakaian, 4) tenda, 5) perlengkapan tidur, 6) makanan,  7) perlengkapan tambahan.

Cara Melakukan Penjelajahan

Tips agar sukses melakukan penjelajahan adalah persiapan yang matang. Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan sebelum melakukan penjelajahan yaityu: a. tahap persiapan, b. tahap pemberangkatan, dan c. tahap penjelajahan.  Berikuti penjelasan masing-masing tahap:

a. Tahap Persiapan

Pada tahap ini yang dilakukan adalh pendataan peserta penjelajahan. Pendataan bertujuan meneliti kembali kesiapan peserta, pembagian kelompok, dan pembinaan.

b. Pembekalan 

Pembekalan bertujuan untuk memberikan pengarahan kepada peserta tentang maksud dan tujuan kegiatan, tata tertib dan tata cara pelaksanaan. Serta informasi jalur dan tujuan penjelajahan. Pengarahan dilakukan oleh petugas yang ditunjuk setelah semua regu dikumpulkan di tempat yang ditentukan.

Contoh jadwal acara pembekalan adalah sebagai berikut:

1. Peserta dikumpulkan di halaman atau tempat yang telah ditentukan
2. Petugas menyampaikan pengarahan tentang:

  • Maksud dan tujuan kegiatan
  • Tata tertib peserta
  • Tata cara pelaksanaan
  • Informasi tentang lokasi yang dituju
  • Informasi tentang jalur yang dilalui

3. Petugas menyampaikan materi secara sederhana yang mencakup tujuan dengan memperhitungkan waktu yang tersedia
4. Menyampaikan pesan-pesan khusus selama kegiatan
5. Untuk memotivasi para peserta. Diumumkan oleh panitia bahwa pada akhir penjelajahan akan diadakan penilaian tentang peserta terbaik.

c. Sarasehan

Dalam tahap ini peserta disuruh mendiskusikan tentang informasi yang baru diterima. Diskusi berkisar tentang acar penjelajahan

d. Tahap Pemberangkatan

Dalam pemberangkatan penjelajahan, acara yang diadakan adalah:

1. Upacara pemberangkatan

Pemberangkatan yang diawali dengan upacara bertujuan untuk meningkatkan disiplin para peserta.

2. Tata cara pemberangkatan:

  • Pemberangkatan penjelajahan dilakukan oleh pejabat setempat, atau orang yang terhormat.
  • Setiap peserta diberangkatkan berdasarkan urutan. Kemudian langsung berjalan pada masing-masing pos sesuai dengan pengaturan dari panitia.
  • Sebelum pemberangkatan petugas mengingatkan kembali hal-hal yang harus dilakukan oleh para peserta
  • Petugas meneliti kembali peserta dalam perjalanan
  • Sepanjang perjalanan peserta harus mengamati apa yang dilihat.



Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Aktivitas Penjelajahan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel