Gerhana Bulan

Pernahkah kalian mendengar istilah gerhana?Di zaman sekarang ini
fenomena gerhana banyak diberitakan di televisi jika akan terjadi. Gerhana merupakan peristiwa alamiah yang terjadi akibat dari interaksi Bumi, Bulan dan Matahari.
Bidang edar bulan membentuk sudut sebesar lima derajat dengan bidang edar bumi. jadi dalam peredaran bulan mengelilingi bumi, bulan itu memotong bidang edar bumi sebanyak dua kali.
Gerhana Bulan
Setiap kali bulan memotong bidang edar bumi berarti bumi dan bulan berada pada satu bidang. Jika kebetulan bulan purnama, maka bulan masuk kedalam bayangan bumi. Dengan demikian, bulan yang seharusnya menerima cahaya matahari tidak menerima cahaya. inilah yang dinamakan gerhana bulan.
Sebetulnya, karena matahari jauh lebih besar dari bumi maka bayangan bumi itu ada dua macam.Bayangan inti (umbra) yang berada dibagian tengah sangat gelap.Bayangan inti ini dikelilingi oleh bayangan kabur (penumbra).
Jadi sebelum dan sesudah bulan masuk kedalam bayangan inti, bulan berada dalam bayangan kabur. Lamanya seluruh gerhana bisa sampai 6 jam. tetapi yang betul-betul dalam bayangan inti hanya satu jam 40 menit. selama dalam bayangan kabur, bulan kelihatan samar-samar. jika dalam bayangan inti bulan itu menjadi lebih gelap.
gerhana bulan jarang sekali terjadi. sebab seringkali bulan itu lewat disebelah utara atau disebelah selatan bayangan bumi. Kadang-kadang hanya sebagian bulan yang masuk kedalam bayangan bumi. jadi gerhana bulan pun hanya sebagian saja.
Berapa kali dalam sebulan, bulan dan bumi berada pada satu bidang? jika saat ini terjadi pada waktu bulan baru maka terjadilah gerhana matahari. Dalam gerhana matahari ini, bayangan bulan jatuh ke muka bumi. karena bulan lebih kecil dari bumi, maka bayangan itu hanya dialami oleh tempat yang sempit saja.
Posisi Gerhana Bulan

Tempat di bumi yang ditimpa bayangan bulan tadi dikelilingi oleh bayangan kabur. Orang-orang yang tinggal didaerah ini masih melihat matahari, tetapi sangat kabur. Gerhana matahari sempurna hanya enam menit lamanya. Jauh lebih singkat dari gerhana bulan penuh, sebab bayangan inti bulan hanya kecil saja.
Dewasa ini banyak sarjana/ahli memperpanjang gerhana matahari. Caranya ialah terbang mengikuti gerhana itu. pekerjaan ini sulit, karena bayangan bulan itu bergerak dengan kecepatan 2000 km tiap jam.
Dengan mengikuti bayangan bulan ini,maka barulah mungkin menyelidiki ruang yang dekat dengan matahari. Tanpa gerhana, ruang sekitar matahari itu sukar dilihat karena sangat menyilaukan. Dari penyelidikan seperti ini dapatlah diketahui bahwa matahari bukanlah bola gas yang diam tetapi selalu bergejolak. 


Sumber dan Gambar:
BSE Geografi X
Bumi dan Antariksa untuk SMP
disini
disini

Sumber https://geograph88.blogspot.com/

Belum ada Komentar untuk "Gerhana Bulan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel