Latihan Senam Wajah dan Bibir

Hakikat Senam
Senam dapat diartikan sebagai setiap bentuk latihan fisik yang disusun secara sistematis dengan melibatkan gerakan-gerakan yang dipilih dan terencana untuk tujuan tertentu. Dari situ kita dapat melihat bahwa olahraga senam mempunyai sistematika tersendiri, serta mempunyai tujuan yang hendak dicapai seperti daya tahan, kekuatan, kelentukan, koordinasi, atau dapat diperluas untuk mencapai suatu prestasi, memelihara tubuh yang ideal dan memelihara kesehatan.

Manfaat Melakukan Senam Wajah
Senam wajah dipakai untuk memberi rangsangan pada aliran darah serta peredaran darah, Kurangi ketegangan, serta menambah penampilan keseluruhan wajah. Ekspresi wajah yg dihasilkan pada saat melakukan senam akan memperhalus serta memberi kesegaran kulit wajah, hingga wajah terlihat makin bercahaya lantaran oksigenasi ke otot-otot wajah jadi meningkat. Gerakan senam wajah memiliki tujuan untuk menghaluskan kulit serta menyingkirkan kerutan di kulit wajah. Senam wajah ini berguna untuk mengencangkan dan mengembalikan kelenturan otot-otot wajah yang mulai menurun/hilang. Latihan senam wajah ini dapat dipakai jadi obat anti-aging (anti penuaan dini) dengan kata lain obat awet muda yang alami.

Langkah Latihan Cara Senam Wajah
Berikut ini beberapa latihan yang bisa anda lakukan sendiri untuk senam wajah, berikut ini rincian gerakan senamnya :

1.       Gerakan di Dahi :
Letakkan jari telunjuk pas diatas mata serta tarik ke bawah mata sembari mengangkat alis. Gerakan ini mengencangkan kulit dahi. Ulangilah gerakan ini sepanjang 8 X 2 kali. Seperti pada hitungan senam biasa.

2.       Bibir
Masukkan jari telunjuk anda ke mulut dan hisaplah jari sekeras mungkin, lantas secara perlahan-lahan lepaskan isapan anda dan keluarkan jari anda. Ulangilah gerakan ini sepanjang 8 X 2 kali. Manfaat dari gerakan wajah ini akan mengencangkan bibir anda.

3.       Gerakan Mata
Duduklah dengan mata ditutup, serta bersikap rileks. Sembari memejamkan mata, gerakkan bola mata anda dengan cara melirik/melihat ke atas dan ke bawah sejauh mungkin. Ulangilah gerakan senam mata ini sepanjang 8 X 2 kali. Selanjutnya, masih dengan mata tetap tertutup/terpejam serta rileks. angkatlah alis serta kelopak mata sejauh mungkin (mata masih terus terpejam/tertutup), sampai hitungan ke 16 rileks. ulangi gerakan ini selama 2X

4.       Gerakan Pipi
Letakkan jari tengah, jari telunjuk, serta jari manis di pipi, lalu lakukan gerakan mengangkat pipi anda dan bersamaan itu pula sembari dengan tersenyum selebar mungkin.

5.       Leher
Duduklah lurus lalu tengadahkan kepala kebelakang sembari menatap langit-langit atap rumah.
Lalu lebarkan/bukalah mulut anda selebar mungkin, serta tahan sampai hitungan kesepuluh
Lantas pada hitungan ke-16, rapatkan/tutup kembali mulut anda yg terbuka tadi Ambil nafas dan rileks.
Ulangi gerakan diatas selama 2x.

6.       Dagu
Duduk tegak di kursi lalu tengadahkan kepala kebelakang sembari menatap langit-langit atap rumah.
Bersikaplah rileks, Lalu bukalah mulut anda hingga bibir anda membentuk sebuah bulatan (seperti hendak mencium), hitung sampai 16x
Pada hitungan ke-16, Tutuplah mulut anda dan kembalilah kepala anda ke posisi normal

7.       Gerakan Penutup
Sesudah lakukan beberapa gerakan senam wajah diatas, regangkan otot-otot wajah, lantas lakukan langkah rileksasi sebagai penutup seperti berikut :

-          Bukalah mulut selebar-lebarnya, rasakan dagu, pipi, serta bibir meregang sampai kuat. Tahan di posisi tersebut beberapa detik, lalu lepaskan dan rilekskan kembali...
-          Ulangilah gerakan latihan tersebut diatas sampai beberapa kali (latihan gerakan ini melemaskan otot-otot wajah, dan menambah sirkulasi darah, serta kurangi ketegangan serta stres.)

Lalu akhiri sesi latihan seperti di bawah ini :

-          Ambillah napas dalam-dalam serta hembuskan napas lewat mulut dengan membuka mulut lebar-lebar sambil julurkan lidah anda sejauh mungkin.
-          Buka mata serta lihatlah ke atas. ini dapat kurangi ketegangan otot di wajah serta leher, menambah sirkulasi darah serta merangsang mata.
-          Cubitlah pipi anda serta remas/putar cubitan pipi anda tadi (Tapi janganlah terlampau keras-keras). Latihan gerakan ini menambah sirkulasi darah pada wajah.


Senam wajah baik untuk menjaga kebugaran wajah agar selalu terlihat berseri setiap hari. Bagi seseorang yang biasa tampil di depan public, senam wajah baik dilakukan untuk memberi relaksasi dan kebugaran wajah. Senam wajah juga dapat melatih seseorang untuk tidak canggung melakukan ekspresi ketika tampil di hadapan public. Senam wajah juga berguna untuk mencegah penuaan dini karena senam wajah dapat mengencangkan kulit wajah sehingga tidak cepat terlihat adanya kerutan-kerutan di wajah. 

Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Latihan Senam Wajah dan Bibir"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel