Latihan Kekuatan Terbaik

Berdasarkan hasil penelitian kontraksi isokinetik lebih baik jika dibandingkan dengan kontraksi isometric dan kontraksi isotonic. Latihan isokinetik adalah latihan di mana otot berkontraksi dan memendek dengan kecepatan konstan. Latihan isokinetik otot dapat menyebabkan tahanan yang sama melalui seluruh ruang geraknya sehingga otot bekerja secara maksimal pada setiap sudut persendiannya. Hal ini dimungkinkan karena adanya alat berlatih yaitu mesin latihan yang diciptakan secara khusus seperti universal gym, nautilus, dan cybex isokinetik exerciser. Alat-alat tersebut memungkinkan otot berkontraksi secara cepat dan konstan melalui seluruh ruang geraknya karena mesin memiliki konsistensi untuk mengontrol kecepatan.
Latihan isokinetik adalah pola latihan yang mengikuti kaidah kontraksi isokinetik, yakni suatu kontraksi dimana otot bekerja dengan kecepatan konstan dengan menanggung beban yang besarnya secara proporsional dengan kekuatannya.

Untuk dapat melakukan latihan dengan model isokinetik harus memiliki alat latihan yang dapat mengatur pembebanan berubah-ubah. Di negara lain alat yang namanya Mini Gym dipakai untuk latihan yang dapat mengatur beban sesuai tuntutan lintasan gerak. Modifikasi yang dapat dilakukan sukar diterapkan, bila kita tidak memiliki alat ini. Latihan kekuatan isometric di tiap sudut lintasan merupakan modifikasi yang serupa dengan isokinetik, namun hal ini tentu saja tidak mencapai tujuan yang diinginkan. Sebab isokinetik training menuntut otot untuk bekerja secara dinamis dengan kecepatan konstan.

Secara fisiologis, tujuan pokok dari latihan adalah “membangun sumber energy yang diperlukan oleh otot”. Karena sumber energi untuk kontraksi otot adalah aerobik dan anaerobik, maka kedua sumber energi inilah yang dibangun.

Ditijau dari sudut fisiologis, prinsip dasar latihan harus memenuhi syarat sebagai berikut :

1) Pembebanan meningkat bertahap
2) Prinsip pembebanan berlebih
3) Pola beban dan pola gerak sama dengan pola beban dan pola gerak sesungguhnya.



Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Latihan Kekuatan Terbaik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel