Tips Mengatasi Bau Mulut Untuk Tampil Bugar

Bau mulut adalah bau yang tidak sedap yang keluar dari mulut seseorang. Biasanya bau mulut tercium orang lain saat orang itu bernafas. Udara yang dikeluarkan dari dalam tubuhnya tercium oleh orang lain. Biasanya seseorang yang mengalami bau mulut tidak sadar jika nafas yang dikeluarkan dari mulutnya berbau tidak sedap. Tapi orang yang ada didekatnyalah yang mencium bau mulut itu. Jika bau yang dikeluarkan sangat menyengat terkadang sampai membuat orang lain mau muntah.

Cara mengetahui bau mulut sendiri adalah: Cara pertama, tiupkan nafas anda ke telapak tangan anda. Kemudian cium dan rasakan bagaimana baunya. Cara ke dua yaitu jilatlah punggung tangan anda, kemudian tunggu beberapa saat 2 atau 3 menit. Kemudian ciumlah air liur yang sudah kering yang menempel di tangan anda. Anda akan mencium bau khas air liur anda. Itulah bau mulut anda.

Lalu apa yang menyebabkan terjadinya bau mulut. Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya bau mulut. Berikut adalah penyebab terjadinya bau mulut:
  1. Bakteri, Banyak bakteri yang bersarang di mulut. Sisa-sisa makanan yang tertinggal di mulut atau menempel di gigi akibat jarang menggosok gigi menjadi sarang yang cocok bagi bakteri untuk berkembang biak, sehingga menimbulkan bau mulut yang tidak sedap.
  2. Gigi berlubang. Biasanya pada gigi yang berlubang sulit untuk dibersihkan, sehingga menjadi tempat bersarangnya bakteri.
  3. Gangguan pada liver atau orang yang terkena penyakit kuning. 
  4. Penyakit sariawan. Luka yang terjadi di dalam mulut juga menyebabkan bau badan
  5. Penyakit paru-paru. Baik paru-paru basah maupun kering dapat menyebabkan bau mulut yang tidak sedap.
  6. Tidak sarapan juga menyebabkan bau mulut.
  7. Merokok. Seorang perokok mulutnya selalu berbau tembakau
  8. Infeksi pada tenggorokan. Biasanya menghasilkan lender tempat bersarangnya bakteri, sehingga menghasilkan bau yang tidak sedap
Setelah kita mengetahui beberapa penyebab bau mulut. Sekarang bagaimana cara mengatasi bau mulut itu? Ada beberapa tips dalam mengatasi masalah bau mulut, diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Jaga kebersihan mulut dengan rajin bersikat gigi sehari dua kali. Ini adalah prosedur standar yang tidak bisa ditinggalkan. Karena apapun yang dilakukan untuk mengatasi bau mulut, jika di dalam mulut jarang dibersihkan maka tetap akan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Setelah menggosok gigi anda juga bisa menggunakan obat kumur untuk membunuh bakteri dalam mulut. Namun terlalu sering menggunakan obat kumur juga bisa menyebabkan air liur berkurang
  2. Mengunyah cengkih, adas, atau biji adas. Karena mengunyah cengkih atau adas dapat menyegarkan nafas anda.
  3. Banyak mengkonsumsi buah-buahan seperti  apel, strowbery, dan jambu biji serta banyak mengkonsumsi sayuran. Karena buah dan sayuran dapat menambah produksi air liur yang dapat membunuh bakteri mulut.
  4. Minum teh setiap hari. Karena di dalam the mengandung polifenol yang sejenis antioksidan yang berguna untuk membunuh bakteri dalam mulut.
  5. Berkumur dengan air rebusan daun sirih.
Akibat bau mulut yang tidak sedap, ini juga mempengaruhi kebugaran seseorang. Bau mulut sangat mengganggu orang lain yang ada di dekatnya. Apalagi orang itu sedang diajak berbicara, Karena mencium bau mulut yang tidak sedap biasanya orang yang diajak bicara sambil menoleh ke kanan atau ke kiri untuk menghindari bau mulut tidak sedap orang yang sedang mengajak berbicara.  Bau mulut juga dapat mengurangi rasa percaya diri. Khawatir jangan-jangan orang lain tau kalau nafasnya berbau tidak sedap. Bau mulut juga dapat menjadi bahan cemoohan orang lain.

Untuk itu jika ingin tampil bugar secara sempurna, anda juga harus memperhatikan bau mulut. Jangan sampai mempunyai bau mulut yang tidak sedap.


Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Tips Mengatasi Bau Mulut Untuk Tampil Bugar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel