Teori-Teori Pergerakan Benua Continental Drift, Kontraksi, Laurasi Gondwana, Tektonik Lempeng

Bumi merupakan planet yang dinamis. Sejak pertama kali terbentuk dari Big Bang  bumi terus melakukan perkembangan khususnya di permukaan bumi hingga saat ini.
Bumi telah melewati beberapa tahapan sebelum dapat dihuni oleh manusia modern. Menurut teori terbaru, lapisan kulit bumi merupakan lapisan tipis yang mengapung di atas lapisan magma cair kental dalam perut bumi. Hingga saat ini ada beberapa teori mengenai pergerakan benua. Beberapa teori mengenai pergerakan muka bumi diantaranya:

1. Continental drift (Apungan Benua)
Teori ini dikemukakan oleh Alfred Lothar Wegener pada 1912. Ia berpendapat bahwa dahulu kala benua yang ada saat ini awalnya merupakan sebuah superkontinent yang bernama Pangaea. Benua raksasa tersebut kemudian pecah menjadi benua yang ada saat ini. Namun bukti tentang hipotesa Wegener tersebut masih belum ditemukan.
 Sejak pertama kali terbentuk dari Big Bang  Teori-Teori  Pergerakan Benua Continental Drift, Kontraksi, Laurasi Gondwana, Tektonik LempengMenghitung kontur interval peta topografi

Sumber Video dan Gambar
BSE Geografi SMA X
disini Youtube

Sumber https://geograph88.blogspot.com/

Belum ada Komentar untuk "Teori-Teori Pergerakan Benua Continental Drift, Kontraksi, Laurasi Gondwana, Tektonik Lempeng"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel