SATUAN KEGIATAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING keterampilan belajar

SATUAN KEGIATAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
Nama Kegiatan
Test 7 Menit
Bidang Bimbingan
Bimbingan Belajar
Standar Kompetensi
Keterampilan Belajar
Tujuan
a.       Agar siswa memiliki pemahaman tentang cara mengatur waktu belajar yang efisien
b.      Agar siswa mengetahui pentingnya mengatur waktu belajar yang efisien
c.       Agar siswa dapat meningkatkan pola belajar yang efektif

Topik / Materi
Cara mengatur waktu belajar yang efisien
Kelas /Waktu /Semester
VII/1 x 40 menit/I
Strategi layanan/ Teknik
Bimbingan Kelompok/ Diskusi/Permainan
Media/ Alat yang digunakan
Lembar soal,Pulpen
                                                Prosedur / Langkah-Langkah
1.      Tahap Awal
a.       Konselor menciptakan suasana interaksi yang kondusif dengan siswa untuk dapat mencapai tujuan permainan.
b.      Konselor bersama-sama dengan siswa menyepakati komitmen dengan tujuan agar permainan yang akan dilakukan dapat berjalan dengan baik
c.       Konselor memberikan penjelasan dan pemahaman tentang cara belajar yang efisien
d.      Konselor memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya apabila terdapat hal-hal yang belum dipahami
2.      Tahap Transisi / Peralihan
a.       Konselor menciptakan suasana yang kondusif dengan mengamati kesiapan para siswa untuk mengikuti permainan dengan kegiatan Ice Breaking Gajah Semut
b.      Konselor memberikan penjelasan tentang aturan permainan Gajah Semut.
1.      Konselor mengarahkan para siswa untuk mengucapkan kata “ Gajah” dan kata “Semut”.
2.      Pada saat mengucapkan kata “ Gajah” kedua tangan membentuk lingkaran kecil.sambil berkata “besar
3.      Pada saat mengucapkan kata “semut” kedua tangan membentuk lingkaran besar.sambil berkata “kecil
4.      Bagi siswa yang melakukan kesalahan saat mengikuti permainan diminta untuk menyebutkan salah satu nama teman yang paling disukai karena ia rajin belajar.
c.       Konselor memberikan aba-aba untuk memulai permainan dan semua siswa diwajibkan mengikuti panduan instruksi seperti yang telah disepakati.
d.      Konselor memberikan isyarat sebagai tanda bahwa permainan akan dimulai.Kemudian setelah ice breaking dilakukan beberapa saat Konselor memilih beberapa siswa untuk mengikuti permainan TEST 7 MENIT.
e.       Konselor memberikan penjelasan tentang aturan permainan TEST 7 MENIT yakni
1.      Siswa diminta untuk membaca soal yang disediakan dengan teliti dan mengerjakan semua soal dalam waktu 7 menit
2.  peserta yang paling cepat dan banyak benar, akan mendapatkan reward.
3.      Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut ditulis di belakang lembar soal yang tersedia.
4.      Daftar pertanyaannya adalah sebagai berikut :
a. tulis nama anda di sebelah kanan bawah
b. tulis tanggal lahir anda di sebelah kiri atas serta lingkarilah
c. tulislah dimana anda tinggal (alamat rumah) dengan menggunakan huruf besar.
d. tulis dua guru favorit anda
e. tulis mata pelajaran yang anda senangi
f. jika anda mempunyai HP, tuliskan nomor anda
g. tuliskan tiga mekanan yang anda suka
h. majulah anda ke depan kelas, lalu berteriaklah dengan suara keras AKU LULUS UN
i. jika sudah menjawab soal G, kemudian tuliskan cita-cita anda di sebelah pojok kanan bawah
j. segera berdiri dan tepuk bahu kawan anda sebelah kanan lalu tersenyumlah.
k. katakan : teman, aku udah siap, mengapa kamu lamban? aoa ada yang bisa saya bantu?
l.  sambil menuju tempat duduk berteriaklah yes yes yes aku tercepat.
m. beri tanda tangan di tengah kertas dan kumpulkan kepada guru anda. dan kembali ketempat duduk dengan tenang.
n. berteriaklah saya sangat sigap dalam mengerjakan segala hal.
o. tepuk tangnlah anda sebanyak 5 kali jika anda telah siap menjawab soal
p. hehe kerjakan hanya untuk soal M, G, E
q. tulislah empat nama dari teman anda yang dekat dengan anda
r. tulislah tiga tokoh/artis yang anda idamkan
5.      Setelah permainan test 7 menit selesai dilakukan konselor meminta perwakilan dari siswa untuk menyampaikan komentar tentang permainan ini secara singkat.
3.      Tahap Kerja
a.       Eksperientasi

a.       Konselor mempersiapkan siswa dengan memberikan aba-aba 1 2 3 mulai
b.      Setiap siswa melakukan kegiatan permainan TEST 7 MENIT
b.      Identifikasi
a.       Apakah anda mengalami kesulitan dalam mengikuti permainan ini?
b.      Apa yang anda rasakan saat memainkan permainan ini?
c.       Adakah kesulitan yang anda temui saat mengikuti instruksi permainan?
d.      Apakah ada kesulitan dalam mengikuti ice breaking?

c.       Analisa
a.       Apakah hasil dari kegiatan ini dapat menumbuhkan pemahaman baru bagi anda?
b.      Manfaat apa yang anda peroleh?
c.       Apa makna dari kegiatan ini?
d.      Apa yang dapat anda simpulkan dalam kegiatan ini?
d.      Generalisasi
a.       Apa rencana anda setelah mengetahui cara mengatur waktu belajar yang efisien?
b.      Langkah apa yang akan anda ambil untuk dapat menciptakan waktu belajar yang efisien?

4.      Tahap Penutup/Terminasi

a.       Refleksi Umum
a.       Jelaskan bagaimana langkah-langkah mengatur waktu belajar yang efisien!
b.      Sebutkan alasan mengatur waktu belajar secara efisien!
c.       Kapan anda akan mulai menerapkan
b.      Tindak Lanjut
d.      Kapan anda akan mulai menerapkan pola belajar yang efisien dalam kehidupan sehari-hari?
Evaluasi
a.       Konselor berupaya untuk dapat mengamati bagaimana ekspesi wajah,dan gerak siswa sebelum,selama dan setelah kegiatan ini berlangsung
b.      Setiap siswa belajar untuk dapat fokus dan berkonsentrasi dalam mengikuti instruksi.
c.       Setiap siswa belajar untuk dapat memahami perintah dalam mengerjakan soal sehingga mereka dapat mengatur waktu seefisien mungkin.

Sleman,    Juni 2013
        Praktikan

Rahmawati Indriyani


RANGKUMAN MATERI CARA MENGATUR WAKTU BELAJAR YANG EFISIEN

Tugas utama seorang pelajar adalah belajar.Kegiatan belajar dapat dilakukan dimana saja,baik disekolah maupun dirumah.Waktu belajar disekolah kurang lebih adalah selama 7 jam/hari.Sementara waktu belajar dirumah ditentukan oleh masing-masing individu,dimana penggunaan waktu belajar secara tepat dan efisien dapat membantu meningkatkan keberhasilan belajar seseorang.
A. Pengertian Belajar
Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang  baru secara keseluruhan sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksi dengan lingkungan.
Pengertian efisien
Efisien berarti mampu menjalankan tugas dengan tepat,cermat,serta berdaya guna,dengan tidak membuang-buang waktu.
Belajar Efisien
Belajar efisien adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku  secara keseluruhan sebagai hasil pengalaman individu secara tepat,cermat,berdaya guna dan tidak membuang-buang waktu.
Perlunya Mengatur Waktu  Belajar Yang Efisien
Perlunya mengatur waktu belajar yang efisien bagi siswa di sebabkan oleh beberapa hal antara lain :
a.       Agar lebih memaksimalkan kinerja siswa dalam belajar.
b.      Agar siswa dapat memiliki pola belajar yang baik,guna memberikan hasil belajar yang baik pula.
c.       Dengan dimilikinya pola belajar yang efisien diharapkan tidak ada waktu belajar yang terbuang sia-sia.


B. Langkah-Langkah Menyusun Waktu Belajar Yang Efisien
 Agar para siswa dapat menggunakan waktu belajar secara efisien,Terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan antara lain :
1.Menyusun daftar kegiatan belajar.
Kegiatan ini mencakup menentukan kegiatan yang akan dilakukan selama satu hari.meliputi : kegiatan sekolah pada hari itu,tugas-tugas sekolah yang harus diselesaikan dirumah,dan kegiatan belajar lainnya.(mempelajari buku paket,membuat ringkasan,persiapan diri menghadapi ulangan).
2.Menetapkan Waktu Belajar.
Masing- masing individu memiliki kebiasaan belajar  yang berbeda.ada individu yang dapat belajar dengan baik  pada waktu sore hari,ada yang malam hari,dan bahkan dapat belajar dengan baik pada waktu pagi hari.Dengan menetapkan waktu belajar tertentu yang disesuaikan dengan kondisi masing-masing individu,diharapkan akan dapat terbentuk suatu kebiasaan belajar yang baik.
3.Bertanya pada diri sendiri tentang pelajaran yang dianggap sulit dan pelajaran yang dianggap mudah.
Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan tingkat pemahaman dan daya serap masing-masing siswa terhadap materi pelajaran yang diberikan oleh guru.
4.Mata pelajaran yang dianggap sulit hendaknya dipelajari lebih lama.
Hal ini dimaksudkan agar pelajaran yang di anggap sulit dan kurang dikuasai tersebut benar-benar dapat dipahami serta dikuasai dengan baik.
5.Memberikan waktu belajar yang cukup untuk setiap mata pelajaran.
6.Mengupayakan untuk dapat mepelajari ulang materi yang baru saja diberikan .
 Yakni dengan cara membaca kembali pelajaran yang baru saja diberikan sebelum menghadapi pelajaran berikutnya.
7.Mempelajari mata pelajaran sesering mungkin.
8.Jangan menyia-nyiakan waktu luang.
Misalnya apabila ada mata pelajaran tertentu yang kosong disebabkan karena guru yang bersangkutan tidak hadir,jam pelajaran habis sebelum waktunya,dll,ada baiknya waktu yang tersedia dipergunakan untuk membaca,diskusi atau belajar.
SUMBER       : Buku Bimbingan Pribadi,Sosial,Belajar dan Karier.Karya

                           Rudi MulyatiningsihThn.2004.

Sumber http://hambolot.blogspot.com/

Belum ada Komentar untuk "SATUAN KEGIATAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING keterampilan belajar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel